Rabu, 08 Februari 2012

Makalah tentang wicara


A.    A PENGERTIAN WICARA

Gangguan bicara dan bahasa merupakan suatu keterlambatan dalam berbahasa ataupun bicara dimana jika dilakukan penanganan dini akan sangat menolong anak dalam masalah bahasa. (Jeniffer Fusco, 2002)
B. Mekanisme bicara
 a.Organ pendengaran :
    Sumber bunyi → bunyi / getaran udara → impuls mekanik (telinga tengah) → impuls elektrik (telinga dalam) →saraf pendengaran (saraf austikus) → korteks pendengaran di otak.
 b.Pusat persepsi (Wernicke) :
    Di sini impuls diolah dan diamati sehingga terdapat proses-proses : pembedaan     rangsangan dengan latar belakang, penyimpanan rangsangan, pembentukan struktur dan analisa.
c. Sound bank :
Bagian yang berfungsi sebagai relay station yang menghubungkan antara pusat persepsi dengan pusat pengertian. Disini rangsangan-rangsangan yang berarti atau akan diartikan dismpan dan diteruskan ke pusat pengertian untuk diolah lebih lanjut.
 d. Pusat pengertian :
     Rangsangan yang diterima (setelah melalui proses sensasi dan persepsi) selanjutnya diasosiasikan dengan pengertian yang sudah dimiliki, melaui proses berpikir akhirnya rangsangan tersebut menjadi suatu konsep.
 e. Engram otak :
     Pusat menyimpan pola-pola garakan bunyi-bunyi (terutama bunyi bicara) yang diterima. Hal ini berfungsi ketika seseorang hendak mengekspresikan ide atau knsep yang diekspresikan tersebut dapat diterina dan dinengerti oleh pendengar sesuai dengan maksud pembicaranya.
 f. Pusat motorik :
     Pusat mengendalikan pergerakan organ bicara, mekanisme pernafasan, fonasi, artikulasi dan resonansi sewaktu berbicara. Mekanisme tersebut sesuai dengan pola gerakan yang sudah ditentukan oleh engran bank.
 g. Organ bicara :
     Meliputi seluruh organ yang berfungsi dalam proses pernafasan, fonasi, artikulasi dan resonansi. Organ pernapasan : diafragma, otot-otot dada, otot-otot perut, dan saluran pernapasan. Organ fonasi : laring terutama plika vokalis. Organ artikulasi : labium, palatum, lidah dan gigi serta faring.
h. Umpan balik :
    Merupakan suatu proses sensorik untuk mengendalikan (kesadaran dan kontrol ) pergerakan organ bicara. Dibedakan menjadi 2 macam :
1. Umpan balik auditorius
2. Umpan balik kinestetis

 Info lengkap silahkan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar